The Change is Good

change-by-David-ReecePerubahan itu penting, saya sendiri menyadarinya. Tapi terkadang perubahan itu terjadi sudah setelah kita belajar dari pengalaman, seringnya pengalaman yang kurang menyenangkan. Lantas untuk menebus semua kesalahan yang telah terjadi dari pengalaman tersebut apa yang harus dilakukan? Akan lebih beruntung jika kita bisa menyikapi dengan perubahan menjadi pribadi yang lebih baik. Sedikit berbagi pengalaman, sebelum melakukan perubahan seperti sekarang ini saya memang seperti diberi peringatan dari Allah dalam menjalani kehidupan ini. Tidak usah saya ceritakan detailnya, yang jelas saya merasa Allah sangat ingin menunjukkan jalan mana yang seharusnya saya tempuh dengan memberikan sedikit pelajaran berharga dalam beberapa waktu terakhir ini. Belajar dari sedikit pengalaman pahit, dan membalas semua hal-hal buruk yang pernah dilakukan dengan menginstropeksi diri dan berusaha memperbaiki semuanya. Tidak ada kata terlambat untuk berubah, penyesalan memang ada, tapi tenang karena memang semua sudah dirancang dengan indahnya oleh Sang Maha Kuasa.

pengalaman-hidup-300x225

Semua butuh proses, tidak serta merta saya langsung berubah 180 derajat. Seiring sambil memahami dan mempelajari agama semakin dalam, saya akan berusaha meningkatkan kualitas diri ini di hadapan Allah azza wa jalla. Mengingatkan saya dengan ayat yang artinya seperti ini

” sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang ada pada diri mereka” QS 13:11

Benar sekali, lantas apa yang mau saya harapkan mengenai perubahan tersebut, jika saya sendiri tidak mau mencobanya dari diri sendiri terlebih dahulu. Semoga saya tetap bisa istiqomah dalam menjalankannya.

Semoga kita semua bisa terpacu untuk meningkatkan kualitas diri kita di hadapan Allah. Hidayah itu bisa datang kapan saja, tergantung bagaimana kita mau menerimanya atau mengacuhkannya. Tidak bermaksud riya dalam menyampaikan hal ini, hanya ingin berbagi dalam kebaikan. Semoga kita mau belajar merubah mindset ini.. (next post: Belajar Berjilbab Syar’i)

Leave a Reply

